Memilih Baju Lebaran

Tips Memilih Baju Muslim untuk Lebaran

Menjelang hari raya lebaran, biasanya kebutuhan akan baju muslim mengalami peningkatan. Al Qur’an juga sudah menganjurkan kepada umat manusia untuk selalu menutup aurat dalam berpakaian. Salah satunya adalah melalui pakaian muslim tersebut. Bagi wanita, diwajibkan untuk mengenakan baju yang menutupi seluruh tubuhnya, termasuk bagian rambut, tangan, kaki dan leher. Meskipun demikian, bukan berarti Anda tidak bisa tetap tampil trendi dalam berpakaian. Saat ini sudah banyak baju muslim dengan berbagai merk dan desain yang menarik. Sehingga Anda memiliki banyak pilihan untuk tampil di hari raya. Berikut ini adalah tips singkat dalam memilih pakaian muslim di hari lebaran.

Menentukan Badget

Dalam membeli baju muslim, budget adalah hal yang penting. Budget ini yang membatasi Anda dalam memilih jenis baju yang Anda inginkan. Sebaiknya jangan selalu melihat kualitas baju dari harganya saja. Tidak semua baju mahal memiliki kualitas yang bagus. Demikian juga dengan baju murah. Saat ini sudah banyak pakaian muslim murah dengan kualitas yang tidak kalah dengan pakaian mahal. Apalagi desainnya juga bervariasi. Apabila Anda memiliki masalah dalam budget, sebaiknya belilah baju muslim dalam jumlah banyak sekaligus. Biasanya pemilik toko akan memberikan potongan harga yang cukup besar daripada saat membeli baju satu demi satu. Tentunya ini merupakan penghematan yang cukup bagus untuk Anda.

Mencari Tempat Jual Baju Muslim

Saat ini sudah banyak toko yang menjual busana muslim. Sebaiknya Anda mencari informasi terlebih dahulu tentang toko yang berkualitas. Hal ini bisa dilihat dari harga maupun mutu dari baju yang Anda beli. Cara mencari toko yang bagus cukup mudah. Anda bisa pergi ke pusat perbelanjaan seperti toko pakaian muslim tanah abang dan mencari toko baju yang paling ramai dikunjungi oleh pembeli. Toko yang laris biasanya banyak disukai oleh pembeli karena harganya yang terjangkau maupun pilihan model yang beragam. Anda juga bisa bertanya kepada para penjual baju muslim eceran tentang toko yang biasa mereka kunjungi.

Memilih Desain

Pilihlah baju muslim dengan desain yang longgar. Hal ini penting karena baju muslim dirancang untuk menutupi seluruh tubuh. Baju yang longgar membantu Anda untuk tetap bisa bergerak dengan mudah. Lalu sesuaikan model dan warna yang Anda inginkan. Pastikan agar baju muslim tersebut sesuai dengan kepribadian Anda. Misalnya Anda adalah orang dengan aktivitas yang banyak, maka Anda bisa memilih jenis pakaian dengan bahan yang lembut dan bisa menyerap keringat sehingga tidak mudah kusut. Jika perlu, belilah baju muslim dalam dua bagian, yaitu bagian baju dan celana.

Dalam memilih warna, perhatikan tentang situasi dan kondisi di mana Anda akan mengenakan baju muslim tersebut. Apabila baju tersebut akan dipakai di acara formal dan resmi, maka pilihlah baju muslim dengan warna yang netral, seperti putih, hitam, dan abu-abu. Sedangkan jika Anda berencana ingin memakainya di acara non formal, Anda bisa memilih baju muslim dengan warna yang lebih ceria seperti biru muda, merah muda, oranye dan lain sebagainya. Akan lebih baik jika Anda bisa mengkoordinasikan baju baru tersebut dengan baju lama yang Anda miliki. Hal ini akan menguntungkan karena Anda tetap bisa melakukan mix and match antara pakaian lama dengan pakaian baru. Dengan begitu, baju lama Anda akan tetap terpakai.
Top